Selasa, 01 Oktober 2013

Asi eksklusif atau sunding susu formula



“ASI mu gak akan cukup. Apalagi kamu kerja. Bayi harus dilatih minum susu formula biar ndak ketagihan ASI. Ntar kalo g cukup gimana?”

“Ukuran PD g menentukan stok ASI lho, banyak yang g keluar kok ASI nya”

“halah, asi eksklusif apaan, bilang aja ngirit. Susu (formula) kan mahal, Cuma orang kaya yang bisa beli.”

Daaaan seterusnya.......

Pernyataan2 itu cukup menghantui saya dan suami sehingga di usia kehamilan 8 bulan, saya saban hari makan sayur bening daun katuk dan di 2 bulan usia Aidan, kami terpaksa membeli 1 kotak susu formula Nutrilon demi supaya menghentikan omongan publik. (itu sufor masih ada, utuh, ditaruh di laci meja komputer bapak saya :D )

Di Jogja, kala hujan deras melanda, suami berbekal instruksi saya via sms, membeli peralatan pumping:
-          Mini electric midela breastpump
-          Coolerbag city style midela (bonus 4 botol)
-          2 dot avent utk newborn (telat dpt info bahwa lebih baik pakai cup feeder)

Tetapi alhamdulilah dengan rajin membuat penuh freezer dengan sekitar setengah liter ASIP, maka pernyataan2 publik itu pun berubah menjadi “ternyata ASI mencukupi ya” (didukung dengan berat badan Aidan yang semakin berkembang dan polahnya yang semakin lucu.
ASI ekslusif adalah komitmen dan keyakinan. Saya pernah mengalami seharian cuman dapat 150ml dari 2 PD. Apa ndak stres itu namanya! 

Finally, saya follow @ID_AyahASI untuk mendapat tips2 laktasi. Saya minum laktamil ibu menyusui, ganti lagi minum Mama Soya, dan ternyata asi BOOSTER itu bukan selalu susu sapi. Tapiiiii semua hal yang menyenangkan dan bergizi. Jadi , saya merubah stimulus asi dengan:

-          Sayur mayur mayuuuur (karena sesungguhnya nutrisi susu formula ada di tukang sayur)
-          Pumping sambil membaca novel Harry Potter/ menonton filmnya (karena saya sukak bgt)
-          Banyakk minum air putih
-          Minum susu cair (kadang sih)

Daaan voila, alhamdulilah dalam sehari saya bisa menandon 7 botol ASIP dengan volume 350-450ml.  Alhamdulilah embak yang momong Aidan juga pinter, jadi Aidan sukses ngASIP dan lulus S1 ASIX.

Kesimpulannya: MAHAL BELI MAKAN BUAT EMAKNYA ITU LEBIH BAIK DARIPADA MAHAL BELI SUSU FORMULA. Insya Allah bayi akan lebih sehat.  Diusahakan dulu ya bund, tapi kalau memang sangat tidak tertolong ya mungkin bisa pakai sufor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar